WELCOMETO MY BLOG

Rabu, 03 September 2014

Asuhan Keperawatan Gagal Ginjal Kronik (Chronic Kidney Desease)

KONSEP DASAR GAGAL GINJAL KRONIK
A. Pengertian
      Gagal ginjal kronik adalah gangguan fungsi ginjal yang progresif dan irreversibel (tubuh gagal dalam mempertahankan metabolisme dan keseimbangan cairan dan elektrolit), sehingga menyebabkan uremia (retensi urea dan sampah nitrogen lain dalam darah) (Muhammad, 2012).
      Gagal ginjal kronik adalah penurunan fungsi ginjal dalam skala kecil. Itu merupakan proses normal bagi setiap manusia seiring bertambahnya usia. Namun hal ini tidak menyebabkan kelainan atau menimbulkan gejala karena masih dalam batas-batas wajar yang dapat ditolerir ginjal dan tubuh. Tetapi karena berbagai sebab, dapat terjadi kelainan di mana penurunan fungsi ginjal terjadi secara progresif sehingga menimbulkan berbagai keluhan dari ringan sampai berat. Kondisi ini disebut gagal ginjal kronik (Colvy, 2010).
B. Etiologi
       Gagal ginjal kronik merupakan suatu keadaan klinis kerusakan ginjal yang progresif dan ireversibel dari berbagai penyebab :
a.    Infeksi : pielonefritis kronik.
b.    Penyakit peradangan : glomerulonefritis.
c.    Penyakit vaskular hipertensif : nefroskeloris benigna, nefrosklerosisi maligna, stenosis arteria renalis.
d.   Gangguan jaringan penyambung : lupus eritematosus sistemik, poliarteritis nodosa, sklerosis sistemik progresif.
e.    Gangguan kongenital dan herediter : penyakit ginjal polikistik dan asidosis tubulus ginjal.
f.     Penyakit metabolik : diabetes melitus, gout, hiperparatiroidisme dan amiloidosis.
g.    Nefropati toksik : penyalahgunaan analgesik dan nefropati timbal.
h.    Nefropati obstruktif : saluran kemih bagian atas (kalkuli, eoplasma, fibrosis retroperitoneal) dan saluran kemih bagian bawah (hipertrofi prostat, striktur uretra, anomali kongenital apada leher kandung kemih dan uretra).
C. Tahap-Tahap Perkembangan Gagal Ginjal Kronik
      Berikut ini tahap-tahap perkembangan penyakit gagal ginjal kronik menurut Muhammad (2012), yaitu:
a.       Penurunan cadangan ginjal (faal ginjal antara 40-75%)
      Pada tahap ini, ada beberapa hal yang terjadi dalam tubuh penderita, di antaranya:
1)      sekitar 40-75% nefron tidak berfungsi,
2)      laju filtrasi glomerulus 40-50% normal,
3)      BUN dan kreatinin serum masih normal, dan
4)      pasien asimtomatik
      Tahap ini merupakan tahap perkembangan penyakit ginjal yang paling ringan, karena faal ginjal masih dalam kondisi baik. Oleh karena itu, penderita juga belum merasakan gejala apapun. Bahkan, hasil pemeriksaan laboratorium menunjukan bahwa faal ginjal masih berada dalam batas normal.
      Selain itu, kreatinin serum dan kadar BUN (blood urea nitrogen) masih berada dalam batas normal dan penderita asimtomatik. Gangguan fungsi ginjal baru diketahui setelah pasien diberi beban kerja yang berat, seperti tes pemekatan kemih dalam waktu lama atau melalui tes GFR dengan teliti.
b.      Indufisiensi ginjal (faal ginjal antara 20-50%)
      Pada tahap ini, beberapa hal yang terjadi dalam tubuh penderita, di antaranya:
1)      sekitar 75-80% nefron tidak berfungsi,
2)      laju filtrasi glomerulus 20-40% normal,
3)      BUN dan kreatinin serum mulai meningkat,
4)      Anemia dan azotemia ringan, serta
5)      nokturia dan poliuria
      Pada tahap ini, penderita masih dapat melakukan tugas-tugas seperti biasa, walaupun daya dan konsentrasi ginjal menurun. Pengobatan harus dilakukan dengan cepat untuk mengatasi kekurangan cairan, kekurangan garam, dan gangguan jantung. Selain itu, penderita juga harus diberi obat untuk mencegah gangguan faal ginjal. Apabila langkah-langkah ini dilakukan dengan cepat dan tepat, perkembangan penyakit ginjal yang lebih berat pun dapat dicegah.
      Pada stadium ini, lebih dari 75% jaringan ginjal yang berfungsi telah rusak. Selain itu, kadar BUN dan kreatinin serum juga mulai meningkat melampaui batas normal.
c.       Gagal ginjal (faal ginjal kurang dari 10%)
      Beberapa hal yang terjadi dalam tubuh penderita, di antaranya:
1)      laju filtrasi glomerulus 10-20% normal,
2)      BUN dan kreatinin serum meningkat,
3)      anemia, azotemia, dan asidosis metabolik,
4)      poliuria dan nokturia, serta
5)      gejala gagal ginjal.
d.      End-Stage Meal Disease (ESRD)
      Pada tahap ini, beberapa hal yang terjadi dalam tubuh penderita, di antaranya:
1)      lebih dari 85% nefron tidak berfungsi,
2)      laju filtrasi glomerulus kurang dari 10% normal,
3)      BUN dan kreatinin tinggi,
4)      anemia, azotemia, dan asidosis metabolik,
5)      berat jenis urine tetap 1,010,
6)      oliguria, dan
7)      gejala gagal ginjal.
      Pada stadium akhir, kurang lebih 90% massa nefron telah hancur. Nilai GFR 10% di bawah batas normal dan kadar kreatinin hanya 5-10 ml/menit, bahkan kurang dari jumlah tersebut. Selain itu, peningkatan kreatinin serum dan kadar BUN juga meningkat secara mencolok.
      Pada stadium akhir gagal ginjal, penderita tidak sanggup mempertahankan homeostatis cairan dan elektrolit didalam tubuh. Biasanya, penderita menjadi oliguri (pengeluaran kemih kurang dari 500ml/hari karena kegagalan glomerulus). Pada stadium akhir gagal ginjal, penderita harus mendapatkan pengobatan dalam bentuk transplantasi ginjal atau dialisis.
      Berdasarkan uraian tersebut dapat diketahui bahwa awalnya penderita penyakit gagal ginjal tidak menunjukan gejala apapun. Kemudian, penyakit ini berkembang secara perlahan-lahan. Kelainan fungsi ginjal hanya dapat diketahui dari pemeriksaan laboratorium. Pada tahap ringan dan sedang, penderita penyakit gagal ginjal kronik masih menunjukan gejala-gejala ringan, meskipun terjadi peningkatan urea didalam darahnya.
      Pada stadium ini, ginjal tidak dapat menyerap air dari air kemih, sehingga volume air kemih bertambah. Oleh karena itu, penderita mengalami nokturia (sering berkemih pada malam hari). Selain itu, penderita juga mengalami tekanan darah tinggi, karena ginjal tidak mampu membuang kelebihan garam dan air. Hal inilah yang memicu penyakit stroke atau gagal jantung.
      Lambat laun, limbah metabolik yang tertimbun didalam darah semakin banyak. Maka, penderita menunjukan berbagai macam gejala, seperti mudah lelah, letih, kurang siaga, kedutan otot, kelemahan otot, kram, anggota gerak seperti tertusuk jarum, dan hilangnya rasa pada daerah-daerah tertentu. Selain itu, nafsu makan penderita menurun, merasa mual dan muntah, terjadi peradangan pada lapisan mulut (stomatitis), rasa tidak enak dimulut, dan penderita mengalami penurunan berat badan dan malnutrisi. Apabila tekanan darah tinggi, penderita akan kejang. Dan kelainan kimia darah menyebabkan kelainan fungsi otak penderita (Muhammad, 2012).
D. Patofisiologi
      Fungsi ginjal menurun karena produk akhir metabolisme protein tertimbun dalam darah, sehingga mengakibatkan terjadinya uremia dan mempengaruhi seluruh sistem tubuh. Semakin banyak timbunan produksi sampah maka gejala semakin berat (Nursalam dan Fransisca, 2008).
      Gangguan clearance renal terjadi akibat penurunan jumlah glomerulus yang berfungsi. Penurunan laju filtrasi glomerulus dideteksi dengan memeriksa clearance kreatinin urine tampung 24 jam yang menunjukan penurunan clearance kreatinin dan peningkatan kadar kreatinin serum (Nursalam dan Fransisca, 2008).
      Retensi cairan dan natrium dapat mengakibatkan edema, CHF, dan hipertensi. Hipotensi dapat terjadi karena aktivitas aksis renin angitensin dan kerja sama keduanya meningkatkan sekresi aldosteron. Kehilangan garam mengakibatkan risiko hipotensi dan hipovolemia. Muntah dan diare menyebabkan perpisahan air dan natrium sehingga status uremik memburuk (Nursalam dan Fransisca, 2008).
      Asidosis metabolik akibat ginjal tidak mampu mensekresi asam (H) yang berlebihan. Penurunan sekresi asam akibat tubulus ginjal tidak mampu men sekresi ammonia dan mengabsorpsi natrium bikarbonat (HCO3). Penurunan ekskresi fosfat dan asam organik lain terjadi (Nursalam dan Fransisca, 2008).
     Anemia terjadi akibat produksi eritropoietin yang tidak memadai, memendeknya usia sel darah merah, defisiensi nutrisi, dan kecendurungan untuk mengalami perdarahan akibat status uremik pasien, terutama dari saluran pencernaan. Eritropoietin yang diproduksi oleh ginjal, menstimulasi sumsum tulang untuk menhasilkan sel darah merah, dan produksi eritropoietin menurun sehingga mengakibatkan anemia berat yang disertai keletihan, angina, dan sesak napas (Nursalam dan Fransisca, 2008).
      Ketidakseimbangan kalsium dan fosfat merupakan gangguan metabolisme. Kadar serum kalsium dan fosfat tubuh memiliki hubungan timbal balik. Jika salah satunya meningkat, maka fungsi yang lain akan menurun. Dengan menurunnya filtrasi melalui glomerulus ginjal, maka meningkatkan kadar fosfat serum, dan sebaliknya, kadar serum kalsium menurun. Penurunan kadar kalsium serum menyebabkan sekresi parathormon, sehingga kalsium ditulang menurun, menyebabkan terjadinya perubahan tulang dan penyakit tulang. Demikian juga vitamin D (1, 25 dihidrokolekalsiferol) yang dibentuk di ginjal menurun seiring perkembangan gagal ginjal (Nursalam dan Fransisca, 2008).
E. Manifestasi Klinik
      Menurut Muhammad (2012), manifestasi klinik gagal ginjal kronik adalah sebagai berikut :
a. Gangguan pada system gastrointestinal
1)  Anoreksia, nausea, dan vomitus yang berhubungan dengan gangguan
metabolisme protein didalam usus, terbentuknya zat-zat toksik akibat metabolisme bakteri usus seperti ammonia dan metal gaunidin, serta sembabnya mukosa .
2)   Fetor uremik disebabkan oleh ureum yang berlebihan pada air liur diubah oleh bakteri di mulut menjadi ammonia sehingga nafas berbau ammonia.
3)  Cegukan (hiccup) sebabnya yang pasti belum diketahui .
b. Gangguan sistem hematologi dan kulit

1) Anemia karena kekurangan produksi eritropoetin.
2) Kulit pucat dan kekuningan akibat anemia dan penimbunan urokrom.
3) Gatal-gatal akibat toksis uremik
4) Trombositopenia (penurunan kadar trombosit dalam darah).
5) Gangguan fungsi kulit (fagositosis dan kematosis berkurang).
c. Sistem saraf dan otot
1) Restless leg syndrome
Klien merasa pegal pada kakinya sehingga selalu digerakkan.
2) Burning feet syndrome
Klien merasa semutan dan seperti terbakar, terutama ditelapak kaki.
3) Ensefalopati metabolik
Klien tampak lemah, tidak bisa tidur, gangguan konsentrasi, tremor, mioklonus, kejang.
4) Miopati
Klien tampak mengalami kelemahan dan hipotrofi otot-otot terutama otot-otot ekstremitas proximal.
d. Sistem kardiovaskular
1) Hipertensi akibat penimbunan cairan dan garam
2) Nyeri dada dan sesak nafas akibat perikarditis, efusi pericardial, penyakit jantung koroner akibat aterosklerosis yang timbul dini, dan gagal jantung akibat penimbunan cairan
3) Gangguan irama jantung akibat aterosklerosis dini, gangguan elektrolit, dan klasifikasi metastatik
4) Edema akibat penimbunan cairan
e. Sistem endokrin
1) Gangguan seksual/libido; fertilitas dan penurunan seksual pada laki-laki serta gangguan menstruasi pada wanita.
2) Gangguan metabolisme glukosa retensi insulin dan gangguan sekresi insun.
F. Pemeriksaan Penunjang
Untuk memperkuat diagnosis sering diperlukan pemeriksaan penunjang baik pemeriksaan laboratorium maupun radiologi.
a.         Pemeriksaan laboratorium
Pemeriksaan laboratorium diperlukan untuk menetapkan adanya GGK, menentukan ada tidaknya kegawatan, menentukan derajat GGK, menetapkan gangguan sistem, dan membantu menetapkan etologi. Dalam menentukan ada atau tidaknya gagal ginjal, tidak semua faal ginjal perlu diuji. Untuk keperluan praktis yang paling lazim diuji adalah laju filtrasi glomerulus. Disamping diagnosis GGK secara faal dengan tingkatanya, dalam rangka diagnosis juga ditinjau factor penyebab (etiologi) dan faktor pemburukanya. Kedua hal ini disamping perlu untuk kelengkapan diagnosis, juga berguna untuk pengobatan.
b.          Pemeriksaan EKG
Untuk melihat kemungkinan hipertrofi ventrikel kiri, tanda-tanda perikarditis (misalnya voltase rendah), aritmia dan gangguan elektrolit (hiperkalemia, hipokalsemia).
c.         Ultrasonografi (USG)
Menilai besar dan bentuk ginjal, tebal korteks ginjal, kepadatan parenkim ginjal, anatomi sistem, pelviokalises, ureter proksimal, kandung kemih serta prostat. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mencari adanya factor yang reversibel seperti obstruksi oleh karena batu atau masa tumor, juga untuk menilai apakah proses sudah lanjut (ginjal yang lisut). USG ini sering dipakai oleh karena non-infasif, tak memerlukan persiapan apapun.
d.      Foto Polos Abdomen
Sebaiknya tanpa puasa, karena dehidrasi akan memperburuk fungsi ginjal, menilai bentuk dan besar ginjal dan apakah ada batu atau obstruksi lain. Foto polos yang disertai tomogram memberi keterangan yang lebih baik.
e.       Pielografi Intra-Vena (PIV)
Pada GGK lanjut tak bermanfaat lagi oleh karena ginjal tak dapat memerlukan kontras dan pada GGK ringan mempunyai resiko penurunan faal ginjal lebih berat, terutama pada usia lanjut, diabetes melitus, dan nefropati asam urat. Saat ini sudah jarang dilakukan pada GGK. Dapat  dilakukan dengan cara intravenous infusion pyelography, untuk menilai sistem pelviokalises dan ureter.
f.         Pemeriksaan Pielografi Retrograd
Dilakukan bila dicurigai ada obsstruksi yang reversibel.
g.        Pemeriksaan Foto Dada
Dapat terlihat tanda-tanda bendungan paru akibat kelebihan air (fluid overload), efusi pleura, kardiomegali dan efusi pericardial. Tak jarang ditemukan juga infeksi spesifik oleh karena imunitas tubuh yang menurun.
h.        Pemeriksaan Radiologi Tulang
Mencari osteodistrofi (terutama falang/jari), dan kalsifikasi metastatik.

G. Penanganan dan Pengobatan
      Menurut Colvy (2010), Penanganan dan pengobatan penyakit gagal ginjal kronik adalah sebagai berikut :
a.       Transplantasi ginjal
Transplantasi ginjal adalah suatu metode terapi dengan cara mencangkokkan sebuah ginjal sehat yang diperoleh dari donor. ginjal yang dicangkokkan ini selanjutnya akan mengambil alih fungsi ginjal yang sudah rusak. Orang yang menjadi donor harus memiliki karakteristik yang sama dengan penderita. Kesamaan ini meliputi golongan darah termasuk resus darahnya, orang yang baik menjadi donor biasanya adalah keluarga dekat. Namun donor juga bisa diperoleh dari orang lain yang memiliki karakteristik yang sama. Dalam proses pencangkokkan kadang kala kedua ginjal lama, tetap berada pada posisinya semula, tidak dibuang kecuali jika ginjal lama ini menimbulkan komplikasi infeksi atau tekanan darah tinggi. Namun, transplantasi ginjal tidak dapat dilakukan untuk semua kasus penyakit ginjal kronik. Individu dengan kondisi seperti kanker, infeksi serius, atau penyakit kardiovaskuler (pembuluh darah jantung) tidak dianjurkan untuk menerima transplantasi ginjal. Hal ini dikarenakan kemungkinan terjadinya kegagalan transplantasi yang cukup tinggi. Transplantasi ginjal dinyatakan berhasil jika ginjal dicangkokkan dapat bekerja sebagai penyaring darah sebagaimana layaknya ginjal sehat dan pasien tidak lagi memerlukan terapi cuci darah.

b.      Dialisis (Cuci darah)
Dialisis atau dikenal dengan nama cuci darah adalah suatu metode terapi yang bertujuan untuk menggantikan fungsi/kerja ginjal yaitu membuang zat-zat sisa dan kelebihan cairan dari tubuh. Terapi ini dilakukan apabila fungsi kerja ginjal sudah sangat menurun (lebih dari 90%) sehingga tidak lagi mampu untuk menjaga kelangsungan hidup individu, maka perlu dilakukan terapi. Selama ini dikenal ada 2 jenis dialisis :
1)      Hemodialisis (cuci darah dengan mesin dialiser)
Hemodialisis atau HD adalah dialisis dengan menggunakan mesin dialiser yang berfungsi sebagai ginjal buatan. Pada prose ini, darah dipompa keluar dari tubuh, masuk kedalam mesin dialiser. Di dalam mesin dialiser, darah dibersihkan dari zat-zat racun melalui proses difusi dan ultrafiltrasi oleh dialisat (suatu cairan khusus untuk dialisis), lalu setelah darah selesai dibersihkan, darah dialirkan kembali kedalam tubuh. Proses ini dilakukan 1-3 kali seminggu di rumah sakit dan setiap kalinya membutuhkan waktu sekitar 2-4 jam.
2)      Dialisis Peritoneal (cuci darah melalui perut)
Terapi kedua adalah dialisis peritoneal untuk metode cuci darah dengan bantuan membran peritoneum (selaput rongga perut). Jadi, darah tidak perlu dikeluarkan dari tubuh untuk dibersihkan dan disaring oleh mesin dialisis.
c.       Obat-obatan
1)      Diuretik adalah obat yang berfungsi untuk meningkatkan pengeluaran urin. Obat ini membantu pengeluaran kelebihan cairan dan elektrolit dari tubuh, serta bermanfaat membantu munurunkan tekanan darah.
2)      Obat antihipertensi untuk mempertahankan agar tekanan darah tetap dalam batas normal dan dengan demikian akan memperlambat proses kerusakan ginjal yang diakibatkan oleh tingginya tekanan darah.
3)      Eritropoietin
Gagal ginjal juga menyebabkan penderita mengalami anemia. Hal ini terjadi karena salah satu fungsi ginjal yaitu menghasilkan hormon eritropoietin (Epo) terhambat. Hormon ini bekerja merangsang sumsum tulang untuk memproduksi sel-sel darah merah. Kerusakan fungsi ginjal menyebabkan produksi hormon Epo mengalami penurunan sehingga pembentukan sel darah merah menjadi tidak normal, kondisi ini menimbulkan anemia (kekurangan darah). Oleh karena itu, Epo perlu digunakan untuk mengatasi anemia yang diakibatkan oleh PGK. Epo biasanyan diberikan dengan cara injeksi 1-2 kali seminggu.
4)      Zat besi
Anemia juga disebabkan karena tubuh kekurangan zat besi. Pada penderita gagal ginjal konsumsi zat besi (Ferrous Sulphate) menjadi sangat penting. Zat besi membantu mengtasi anemia. Suplemen zat besi biasanya diberikan dalam bentuk tablet (ditelan) atau injeksi (disuntik).
5)       Suplemen kalsium dan kalsitriol
Pada penderita gagal ginjal kronik, kadar kalsium dalam darah menjadi rendah, sebaliknya kadar fosfat dalam darah menjadi terlalu tinggi. Untuk mengatasi ketidakseimbangan mineral ini, diperlukan kombinasi obat/suplemen yaitu kalsitriol (vitamin D bentuk aktif) dan kalsium.
KONSEP DASAR ASUHAN KEPERAWATAN GAGAL GINJAL KRONIK
A.    Pengkajian
a.       Identitas pasien
Nama                                 :
Umur                                 :
Jenis kelamin                     :
Agama                               :
Alamat                              :
Pekerjaan                           :
Pendidikan                                    :          
Tanggal pengkajian           :
No. Med. Rec                   :
Diagnose Medis                : GGK ( gagal ginjal kronik )
b.      Riwayat kesehatan
1)      Keluhan utama
Biasanya badan tersa lemah, mual, muntah, dan terdapat udem.
2)      Riwayat kesehatan sekarang
Keluhan lain yang menyerta biasanya : gangguan pernapasan, anemia, hiperkelemia, anoreksia, tugor pada kulit jelek, gatal-gatal pada kulit, asidosis metabolik.
3)      Riwayat kesehatan dahulu
Biasanya pasien dengan GGK, memili riwayat hipertensi.
Pengkajian merupakan tahap awal dan landasan proses keperawatan. Diperlukan pengkajian yang cermat untuk mengenal masalah pasien, agar dapat memberi arah kepada tindakan keperawatan (Lismidar, 2005).
a.       Aktivitas/istirahat.
Gejala     :     Kelelahan ekstrem, kelemahan, malaise, gangguan tidur (Insomnia/gelisah atau samnolen).
Tanda     :     Kelemahan otot, kehilangan tonus, penurunan rentang gerak.
b.      Sirkulasi.
Gejala     :     Riwayat hipertensi lama atau berat.
                     Palpitasi : nyeri dada (angina).
Tanda     :     Hipertensi : DVJ, nadi kuat, edema jaringan umum dan pitting pada kaki, telapak, tangan.
                     Distritmia jantung.
                     Nadi lemah halus, hipotensi ortostatik menunjukkan hipovolemia, yang jarang pada penyakit tahap akhir.
c.       Integritas Ego.
Gejala     :     Faktor stress, contoh financial, hubungan dan sebagainya. Perasaan yang tak berdaya, tak ada harapan, tak ada kekuatan.
Tanda     :     Menolak, ansietas, takut, marah, mudah terangsang, perubahan kepribadian.
d.      Eliminasi.
Gejala     :     Penurunan frekuensi urine, oliguria, onuria (gagal tahap lanjut). Abdomen kembung, diare atau konstipasi.
Tanda     :     Perubahan warna urine, contoh kuning pekat, merah, coklat, berawan, oliguria, dapat menjadi anuria.
e.       Makanan/cairan.
Gejala     :     Peningkatan berat badan cepat (edema), penurunan berat badan (malnutrisi), anoreksia, nyeri ulu hati, mual/muntah, rasa metalik tak sedap pada mulut (Pernapasan ammonia).
Tanda     :     Distensi abdomen/asites, pembesaran hati (tahap akhir). Perubahan turgor kulit/kelembaban.
                     Edema (umum, tergantung).
                     Ulserasi (umum, tergantung).
                     Ulserasi gusi, perdarahan gusi/lidah.
                     Penurunan otot, penurunan lemak subkutan, penampilan tak bertenaga.
f.       Neurosensori.
Gejala     :     Sakit kepala, penglihatan kabur, kram otot/kejang, sindrom “kaki gelisah” bebas rasa terbakar pada telapak kaki. Bebas kesemutan dan kelemahan, khususnya ekstremitas bawah (neuropati perifer).
Tanda     :     Gangguan status mental, contoh penurunan lapang perhatian, ketidakmampuan berkonsentrasi, kehilangan memori, kacau, penurunan tingkat kesadaran, strupor, koma.
                     Penurunan DTR.
                     Tanda chvostek dan trosseau positif, kejang, fasikulasi otot, aktivitas kejang, rambut tipis, kuku rapuh dan tipis.
g.      Nyeri/kenyamanan.
Gejala     :     Nyeri panggul, sakit kepala, kram otot/nyeri kaki (memburuk saat malam hari).
Tanda     :     Perilaku berhari-hari/distraksi, gelisah.
                        Pernapasan.
Gejala     :     Napas pendek; dispnea noktural paroksismal; batuk dengan/tanpa sputum kental dan banyak.
Tanda     :     Takipnea, dispnea, peningkatan frekuensi/kedalaman (pernapasan kussmaul). Batuk produktif dengan sputum merah muda encer (edema paru).
h.      Keamanan.
Gejala     :     Kulit gatal.
                     Ada/berulangnya infeksi.
Tanda     :     Pruritis.
                     Demam (sepsis, dehidrasi), normotermia dapat secara actual terjadi peningkatan pada pasien yang mengalami suhu tubuh lebih rendah dari normal (efek GGK/depresi respon imun), petekie, area ekimosis pada kulit.
                     Fraktur tulang; deposit fosfal kalsium (klasifikasi metastatik) pada kulit, jaringan lunak, sendi, keterbatasan gerak sendi.
i.        Seksualitas.
Gejala     :     Penurunan libido; amenonea; infertilitas.
                        Interaksi sosial.
Gejala     :     Kesulitan menentukan kondisi, contoh tak mampu bekerja, mempertahankan fungsi peran biasanya dalam keluarga.
j.        Pembelajaran/penyuluhan.
Gejala     :     Riwayat DM keluarga (resiko tinggi untuk gagal ginjal) penyakit polikistik, nefritis, herediter, kalkulus urinaria, malignansi.
                     Riwayat terpajan pada toksin, contoh obat, racun lingkungan.
                     Penggunaan antibiotic nefrotoksik saat ini/berulang.
B. Diagnosa dan Intervensi Keperawatan
.                              Diagnosa Keperawatan dan Rencana Tindakan yang mungkin timbul pada klien dengan perubahan keseimbangan cairan dan elektrolit berhubungan dengan penurunan glomerulus filtration rate (GFR) adalah sebagai berikut :
a.       Gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit berhubungan dengan penurunan glomerulo filtration rate.
Tujuan : Keseimbangan cairan dan elektrolit
Kriteria :
1.      Rasio intake dan output pada batas normal
2.      Berat badan normal
3.      Tekanan darah dalam batas ketentuan (140/90 mmHg) dan elektrolit K, Ca, Mg, Fosfat, Na pada batas normal.

INTERVENSI
RASIONAL
a.       Kaji adanya edema dengan distensi vena jugolaris, dispnea, tachikardi, peningkatan tekanan darah crakles pada auskultasi.
b.      Kaji kelemahan otot tidak adanya reflek tendon dalam, kram abdomen dengan diare, tidak teraturnya nadi.
c.       Kaji kelemahan, kelelahan, penurunan reflek tendon
d.      Kaji kram otot, kaku atau gatal-gatal jari, ibu jari, perubahan dalam 10 hari.
e.       Kaji kram otot parastesia

f.       Kaji nausea, muntah, hipotensi, bradikardi dan perubahan reflek tendon dalam
g.      Monitor intake dan output setiap 4-8 jam dengan memperhatikan output di bawah 30 ml/jam
h.      Monitor tanda-tanda vital setiap 4 jam untuk meningkatkan tekanan darah
i.        Monitor BUN, kreatinin, asam urat
j.        Monitor urinalisasi sampai hematuria, penurunan kreatinin clerence, ekskesi elektrolit, penurunan gaya berat khas dan ketidak normalan lainnya.
k.      Monitor elektrolit untuk K, Na, Ca, Mg dan P tingkatkan.
l.        Kolaborasi pemberian obat diuretik, HCT
a.    Merupakan tanda-tanda lethargi cairan yang menambah kerja dari jantung dan menuju edema pulmoner dan gagal jantung.


b.    Tanda-tanda hipernatremia dihasilkan dari tanda fungsi tubular ginjal.



c.    Tanda-tanda hipertermia dihasilkan dari ketidakmampuan nefron untuk memfiltrasi keluar Na.
d.   Tanda-tanda hipokalsemia dihasilkan dari ketidakmampuan ginjal untuk memetabolisme vitamin D diperlukan aibsorps Ca dari intestinum.

e.    Tanda-tanda hipokalsemia dihasilkan dari ketidakmampuan ginjal untuk mengeluarkan fosfat.
f.     Tanda-tanda dari hipermagnesia di hasilkan dari ketidakmampuan untuk mengeluarkan magnesium.


g.    Ketentuan batas cairan jika terjadi oliguri.




h.    Tanda-tanda peningkatan elektrolit



i.      Fungsi ginjal diketahui dan peningkatan BUN lebih dari 25 mg/dl dan kreatiniin lebih dari 1,5 mg/dl.
j.      Ketentuan kemampuan ginjal untuk mengkonsentrasi urine ekskresi elekrolit dan kerusakan pada ginjal.






k.    Evaluasi untuk kalium 5.0 mEq/dl Ca dibawah 6.0 mEq/dl P lebih dari 2.0 mEq/dl Mg lebih dari 3.0 mEq/dl.
l.      Bekerja sebagai obat diuresis (untuk mengeluarkan kelebihan cairan dalam tubuh)
b.      Gangguan pemenuhan kebutuhan nutrisi berhubungan dengan ureum pada saliva mulut/peningkatan asam gastrin
Tujuan : Kebutuhan nutrisi adekuat dalam batas normal
Kriteria :
1.      Hilangnya anoreksia
2.      Hilangnya mual dan muntah
3.      Intake 2000 kalori perhari
4.      Porsi makan di habiskan
5.      ­ Berat Badan
INTERVENSI
RASIONAL
a.       Kaji anoreksia, nausea dan muntah
b.      Kaji penerimaan ketidaksukaan diet pembatasan protein.
c.       Kolaborasi pemberian obat anti emetik (metociropmid)
d.      Kolaborasi pemberian multivitamin


e.       Batasi protein 20-60 gram perhari, intake karbohidrat 100 gram perhari 2000 kalori perhari keseluruhan intake.
f.       Kaji berat badan perhari dengan (pakaian, waktu skala yang sama)
g.      Beri informasi alasan untuk pembatasan protein dan bagaimana memantang makanan selama 24 jam.
h.      Hindari minum berkafein, juice makanan panas/berbau
i.        Berikan intake ayam, ikan sebagai sumber protein.
a.       Merupakan tanda dan gejala dari peningkatan azotemia.
b.      Penurunan intake nutrisi akan mengubah kebutuhan nutrisi
c.       Bertugas untuk mengurangi muntah dengan menambah asam gastrin
d.      Melengkapi dukungan pembatasan diet

e.       Protein ditentukan dengan kegagalan ginjal dan tingkat BUN: karbohidrat untuk mencegah lemak untuk menghancurkan katabolisme jaringan
f.       Peningkatan merupakan indikasi ketidakadekutan intake nutrisi.
g.      Informasi peningkatan keluhan, makan sedikit tapi sering mengurangi nausea

h.      Iritasi stomatistik meningkatkan nausea
i.        Protein komplek mengandung seluruh asam amino
c.    Gangguan aktivitas sehari-hari berhubungan dengan produksi    eritrosit menurun
Tujuan : Kebutuhan aktivitas sehari-hari dapat terpenuhi
Kriteria :kontinuitas partisipasi ADL, mengemukakan kemampuan untuk memelihara tingkat energi, hilangnya komplikasi.
INTERVENSI
RASIONAL
a.       Kaji tingkat aktivitas dan toleransi, pola aktivitas kemampuan dalam ADL keadaan bedrest
b.      Kaji perubahan tekanan darah dan pola selama aktivitas
c.       Kaji kelemahan dyspnoe, pucat dan pusing
d.      Kaji perdarahan dari gusi, luapan menstruasi berat saluran gastrointestinal.
e.       Monitor jumlah darah merah, hematokrit, hemoglobin, jumlah platelet RBC kurang dari 6 juta Hct kurang dari 20% Hgb kurang dari 10 g/dl
f.       Kaji tanda-tanda vital setiap 4 jam


g.      Obat parrous sulpat (feosl, folic acid/flovite)



h.      Bantu klien ketika diperlukan dalam pemenuhan ADL
i.        Tingkatan aktivitas bila memungkinkan dan mendukung
j.        Ajari klien bagaimana untuk merencanakan pembatasan untu memodifikasi atau meningkatkan aktivitas yang disetujui pada tingkat toleransi dan tujuan realistis
k.      Hindari aktivitas atau mengunakan alat (sikat gigi, pisau cukur) yang mungkin menyebabkan trauma pada jaringan: catat setiap perdarahan dari mukosa memar berlebih
l.        Kontrol dan  catat tekanan darah meningkat atau menurun
a.       Merupakan data dasar terhadap kemampuan beraktivitas dan untuk tindakan berikutnya.
b.      Peningkatan yang cepat indikasi terhadap aktivitas
c.       Tanda dan gejala anemia dengan penurunan produksi eritropoetin yang menstimulasi produksi.
d.      Hasil dan penurunan fungsi penurunan

e.       Penurunan merupakan indikasi suspek anemia, kehilangan darah.



f.       Tekanan darah menurun dengan kehilangan darah, pols meningkat, peningkatan berhubungan dengan aktivitas
g.      Bertugas untuk memelihara eritpoesis normal dan stimulasi produksi sel darah merah, pembekuan (folic acid atau sebagai pengganti besi/farros sulfat)
h.      Menyimpan energi dan mengurangi tuntutan
i.        Membangun dan memelihara ketahanan
j.        Izinkan untuk mengontrol pasien ketika mencapai perkembangan dan menghindari kelelahan


k.      Kecenderungan berdarah menyebabkan hilangnya darah terutama jaringan


l.        Cegah komplikasi serius berkembang.
d.      Gangguan integrasi kulit berhubungan dengan garukan akiba gatal-gatal
Tujuan : kulit tetap utuh
Kriteria :
1.      Kemerahan tidak ada
2.      Pecah dan erosi kulit tidak ada akibat garukan
3.      Tidak terjadi mucosa mulut
INTERVENSI
RASIONAL
a.       Kaji gatal-gatal, pecah dalam kulit, kemerahan pada titik tekanan.


b.      Kaji mukosa oral ada stomatitis dan pernafasan bau ammonia
c.       Dyspnea, krakles sputrum tebal kekuning-kuningan
d.      Kering, rambut mudah rusak dan kuku pucat, warna pada kulit.
e.       Dyspnea, frekuensi, urgency urin bau atau kotor.
f.       Monitor suhu setiap 4 jam

g.      Monitor sputum dan kultur urine
h.      Kolaborasi pemberian obat anti biotik (ampicilin).
i.        Jaga tekhnik aseptik pada seluruh teknik keperawatan catatan, pakaian.
j.        Kesungguhan obat yang lembut yang seperti baking soda/jagung kaji pada bak mandi gunakan sabun dan kering rambut.
k.      Suhu ruangan dingin, kompres dingini pada daerah gatal-gatal
l.        Anjurkan klien untuk menghindari pemakaian dari bahan kapas 
m.    Ajari klien untuk menekan area yang gatal
n.      Ajari klien gunakan aktivitas penyimpanan/ hiburan untuk menghindari garukan.
a.    Gatal-gatal hasil dari kekeringan kulit, kristalisasi urea pada kulit (embun beku urine) tkanan konstan pada kulit menunjukkan penurunan pada jaringan dan pecahan.
b.    Hasil dari peningkatan urea dan amonia dari pecahan bakteri dan urea.
c.    Indikasi dan infeksio pulmonal
d.   Hasil dari retensi urine dan penurunan/peningkatan

e.    Indikasi infeksi blas urine

f.     Peningkatan adanya indikasi-indikasi dari CRF
g.    Jumlah bakteri indikasi infeksi
h.    Bertugas untuk menahan dingin sel, membentuk mikro organisme.
i.      Mencegah kontaminasi yang predisposisi
j.      Pergerakan lembut beku uremi dan memenangkan gatal-gatal.


k.    Meningkatkan ketenangan dan kenyamanan gatal-gatal.
l.      Menurunkan gatal-gatal

m.  Menurunkan kecenderungan gatal-gatal
n.    Mengurangi gatal-gatal.
e.    Gangguan rasa aman cemas berhubungan dengan kurangnya pengetahuan tentang penyakitnya.
Tujuan : kecemasan tidak ada/hilang
Kriteria :
1.      Klien mengungkapkan bahwa kecemasan berkurang
2.      Tanda-tanda vital dalam ketentuan batas 140/90 mmHg, nadi 80-100 x/m, respirasi 16-20x/m.
3.      Klien memperbaharuhi coping, terbukti dengan layaknya.
4.      Tidak tampak melemah, murung.
INTERVENSI
RASIONAL
a.    Kaji tingkat cemas, ekspresi verbal perasaan tentang prognosa dan pengaruh pada gaya hidup.
b.    Kaji tingkat penggunaan mekanisme koping, kemampuan menjelaskan masalah.

c.    Kaji kepribadian, sumber untuk koping dengan stress dan kecemasan.

d.   Berikan informasi penerimaan tidak menyesuaikan/memutuskan sikap tanpa perasaan kecewa, ketidak sadaran atau marah.
e.    Ciptakan lingkungan yang mencegah kecemasan, situasi kemajemukan.
f.     Anjurkan teknik relaksasi seperti penyimpangan lingkungan, kegiatan relaksasi otot, musik.
g.    Berikan informasi prognosa penyakit dan pengaruhnya perubahan gaya hidup mengontrol gejala dengan pengobatan dan keluhan obat berpantang.
h.    Ajari koping memecahkan masalah dan kemampuan komunikasi.
i.      Ajak partisipasi klien keluarga mendukung kelompok dan konseling perorangan untuk mengurangi stres/relsasi.
a.    Rentang cemas dari sedang keberat, tingkat cemas akan tinggi akan gatal beradaptasi kebiasan dan kemampuan koping.
b.    Kebiasaan pemecahan masalah diperlukan untuk koping dengan penyakit
c.    Sistem pendukung dan kekuatan kepribadian dapat membantu dalam perkembangan kemampuan koping.
d.   Berikan dukungan emosional ketika mengungkapkan, klien mengontrol lingkungan.

e.    Penurunan kecemasan dengan menghindari rangsangan tambahan.
f.     Mengurangi cemas dan meningkatkan istirahat dan ketenagaan.

g.    Dapat meningkatkan pemahanan ssakit dan petunjuk untuk diikuti


h.    Izinkan untuk pembebasan kecemasan dengan komunikasi
i.      Berikan kebutuhan dukungan dan informasi untuk membantu untuk mengurangi stress.
f.     Gangguan proses pikir berhubungan dengan terlalu memperhatikan penyakit dan pembatasan.
Tujuan : Proses pikir sempurna
Kriteria :
1.    Klien mampu mengungkapkan pikiran yang rasional
2.    Mampu meningkatkan peristiwa-peristiwa yang sudah lewat
3.    Orientasi tempat, waktu dan orangMampu memutuskan suatu yang bersifat dua pilihan
INTERVENSI
RASIONAL
a.     Kaji luasnya gangguan kemampuan berpikir, memori dan orientasi perhatikan lapangan perhatian





b.     Pastikan dari orang terdekat, tingkat mental klien biasanya.

c.     Berikan informasi orang terdekat tentang status klien


d.    Berikan lingkungan dan izinkan menggunakan televisi, radio dan kunjungan.

e.     Orientasi terhadap lingkungan orang dan sebagainya, berikan kalender, jam, jendela keluar.
f.      Hadirkan kenyataan secara singkat ringkas dan jangan menentang dengan pikiran yang logis.

g.     Komunikasi/informasi/ instruksi dalam kalimat pendek sederhana. Tanyakan pertanyaan ya/tidak, ulangi penjelasan sesuai keperluan
h.     Buat jadwal teratur sesuai yang diharapkan
i.       Tingkat istirahat adekuat dan tidak menganggu periode teratur.
a.     Efek sindroma uremik dapat terjadi dengan kekacauan dan berkembang ke perubahan kepribadian atau ketidakmampuan untuk mengasimilasi informasi dan berbartisipasi dalam perawatan. Kewaspadaan terhadap perubahan memberikan kesempatan untuk evaluasi dan intervensi.
b.     Membiarkan perbandingan untuk mengevaluasi perkembangan/perbaikan gangguan
c.     Beberapa perbaikan dalam mental mungkin diharapkan dengan perbaikan kadar BUN, elektrolit dan PH serum yang lebih normal
d.    Meminimalkan rangsangan untuk menurunkan kelebihan sensori/peningkatan kekacauan saat mencegah.
e.     Memberikan petunjuk untuk membantu dalam pengenalan kenyataan.
f.      Konfrontasi potensial membuat reaksi perlawanan dan dapat menimbulkan ketidakpercayaan klien dan meningkatkan bahwa komunikasi akan dipahami/diingat.
g.     Membantu dalam mempertahankan kecemasan dan meningkatkan bahwa komunikasi akan dipahami/diingat
h.     Membantu dalam mempertahankan orientasi kenyataan dan dapat menurunkan takut atau cemas.
i.       Ganguan tidur dapat mengganggu kognitif lebih lanjut.
g.      Gangguan pada eliminasi defekasi : konstipasi berhubungan dengan pembatasan makanan yang berserat dan cairan
Tujuan : Eliminasi menjadi lancer
Kriteria :
1.      Klien menyatakan dapat buang air besar
2.      Feaces lembek
3.      Tidak terdapat benjolan pada saat palpasi di bagian epigastrium bawah kiri.
INTERVENSI
RASIONAL
a.       Lakukan aktivitas yang cukup
b.      Kolaborasi dengan ahli gizi untuk pemberian nutrisi yang tinggi serat
c.       Kolaborasi dengan dokter pemberian laksative
a.     Membantu dalam melancarkan bolus dan feacese untuk keluar
b.     Dapat membant dalam usus dan dapat melembabakan feacese yang keras
c.     Dapat membantu melembabkan feacese
h.    Kurang perawatan diri berhubungan dengna intoleren aktivitas
Tujuan : perawatan diri terpenuhi
Kriteria :
1.      Berpartisipasi pada aktivitas sehari-hari
2.      Personal hygiene terjaga
INTERVENSI
RASIONAL
a.       Tentukan kemampuan pasien untuk berpartisipasi dalam aktivitas perawatan diri.
b.      Berikan dengan aktivitas yang diperlukan.
c.       Dorong dan gunakan tehnik penghematan energi, contoh duduk tidak berdiri; mandi duduk; melakukan tugas dalam peningkatan bertahap.

d.      Jadwalkan aktivitas yang memungkinkan pasien cukup waktu untuk menyelesaikan tugas pada kemampuan paling baik
a.     Kondisi dasar akan menentukan tingkat kekurangan/kebutuhan.

b.     Memenuhi kebutuhan dengan mendukun partisipasi dan kemandirian pasien
c.     Menghemat energi, menurunkan kelelahan dan meningkatkan kemampuan pasien untuk melakukan tugas.
d.    Pendekatan yang tenang menurunkan frustasi, meningkatkan partisipasi pasien, meningkatkan harga diri.
i.        Cedera, resiko tinggi terhadap (profil darah abnormal) penekanan produksi/sekresi eritroetin berhubungan dengan penurunan produksi, gangguan faktor pembekuan; peningkatan kerapuhan kapiler.
Tujuan     : Tidak mengalami tanda/perdarahan
Kriteria    : Klien dapat mempertahankan/menunjukkan perbaikan nilai laboratorium
INTERVENSI
RASIONAL
a.     Perhatikan keluhan peningkatan kelelahan, kelemahan. Observasi takikadi, kulit/membran mucosa pucat, dispnea dan nyeri dada. Rencanakan aktivitas pasien untuk menghindari kelelahan.
b.     Awasi tingkat kesadaran dan prilaku

c.     Evaluasi respon terhadap aktivitas, kemampuan untuk melakukan tugas. Bantu sesuai kebutuhan dan buat jadwal untuk istirahat.

d.    Batasi contoh vaskuler, kombinasikan tes laboratium bila mungkin.

e.     Observasi perdarahan terus menerus dari tempat penusukan, perdarahan/area ekimosis karena trauma kecil, petekie; pembengkakan sendi atau membran mucosa, contoh perdarahan gusi, epitaksis berulang, hematemesis, melena dan urine merah/berkabut.
f.      Hematemesis sekresi GI/darah feces

g.     Berikan sikat gigi halus, pencukur elektrik; gunakan jarum kecil bila mungkin dan lakukan penekanan lebih lama seteleah menyuntikan/penyusunan vaskular.
a.    Dapat menunjukkan anemia dan respon jantung untuk mempertahankan aksigen sel.



b.    Anemia dapat menyebabkan hipoksia serebral dengan perubahan mental, orientasi dan respon prilaku.
c.    Anemia menurunkan oksigenasi jaringan dan meningkatkan kelelahan sehingga memerlukan intervensi, perubahan aktivitas dan istirahat.

d.   Pengambilan contoh darah berulang/kelebihan dapat memperburuk anemia

e.    Pedarahan dapat terjadi dengan mudah karena kerapuhan kapiler/gangguan pembekuan dan dapat memperburuk anemia



f.     Stres dan abnormalitas hemostatik dapat mengakibatkan perdarahan GI
g.    Menurunkan resiko perdarahan / pembentukan hematoma.
j.        Gangguan kebutuhan sexual berhubungan dengan gagal ginjal kronik
Tujuan : Kebutuhan sexual terpenuhi
Kriteria :
1.      Klien dapat mengidentifikasi keterbatasan seksual yang disebabkan oleh masalah kesehatan (GGK)
2.      Klien dapat mengidentifikasi modifikasi kegiatan seksual yang pantas dalam respon terhadap keterbatasannya
3.      Melaporkan adanya kepuasan dalam aktivitas seksual.

INTERVENSI
RASIONAL
a.       Kaji faktor penyebab dan penunjang

b.      Hilangkan atau kurangi faktor-faktor penyebab bila mungkin
c.       Berikan informasi yang tepat pada pasien dan pasangan tentang keterbatasan fungsi seksual yang disebabkan oleh keadan penyakit
d.      Ajarkan modifikasi yang mungkin dalam kegiatan menyesuaikan dengan keterbatasan akibat sakit
e.       Berikan tujuan sesuai indikasi
a.       Untuk mengetahui tindakan apa yang dapat dilakukan sesuai kondisi pasien.
b.      Untuk mengurangi masalah

c.       Keterangan dibutuhkan oleh klien dan pasangan bahwa penyakitnya (GGK) dapat menyebabkan gangguan seksual agar klien dan pasangan tidak cemas
d.      Untuk mengurangi kelemahan dan kepuasan seksual tetap terpenuhi
e.       Terapi medis dapat membantu kebutuhan akan seksual.

ASUHAN KEPERAWATAN PADA NY. M.R
DENGAN DIAGNOSA GAGAL GINJAL KRONIK
DI RUANGAN C2 RSUP PROF DR. R. D KANDOU MANADO

A. PENGKAJIAN
1.   Identitas
Nama                              : Ny. Y.M
Umur                              : 55 th
Jenis kelamin                  : Perempuan
Alamat                           : Kalawat jaga III
Agama                            : Kr. Protestsn
Suku / Kebangsaan        : Ternate/Indonesia
Pendidikan                     : SMP
Stasus                             : Menikah
Pekerjaan                        : IRT
Tanggal MRS                 : 11 Juli 2014
Tanggal pengkajian        : 14 Juli 2014
No. Med. Rec                 : 41.61.88
Diagnosa medis              : Gagal Ginjal Kronik
2.   Genogram
                                                                                                  Ket.
                                                                                                             : Laki-Laki
                                                                                                            : Perempuan
                                                                                                            :  Pasien
                                                                                                             : Hubungan
3.   Riwayat Kesehatan
a.       Keluhan utama
Mual dan Muntah
b.      Riwayat keluhan utama
Mual dan muntah dirasakan pasien ± 1 hari SMRS, pasien muntah dengan frekwensi 6 kali  sehari, muntah berisi makanan dan minuman yang dimakan pasien, volume muntah ± 4 gelas aqua sekali muntah, pasien juga merasa nyeri ulu hati, ± 1 hari SMRS, nyeri bersifat hilang timbul dan diraskan ±1 menit, pasien juga mengatakan badan terasa lemah.
c.       Riwayat kesehatan sekarang
Pasien tidak ada nafsu makan, badan terasa lemah serta mengalami susah tidur dan konstipasi (+) mual(+), muntah (-),pucat (+), edema palpebra (+), turgor kulit jelek, bibir kering dan pecah-pecah, poliuri dan  nyeri tekan pada  gaster (-), .
d.      Riwayat Kesehatan dahulu
Pasien menderita DM Tipe II sejak tahun 2011 begitu juga dengan Hipertensi. Pasien juga menderita Hiperkolesterol, pasien meminum obat DM, HPT dan Hiperkolesterol dengan teratur.
e.       Riwayat Keluarga
Dikeluarga pasien hanya pasien yang menderita penyakit ini.
f.       Pola Fungsi Kesehatan Menurut Marilynn E. Doengoes
a)      Aktivitas/istirahat.
Kelelahan dan  kelemahan, malaise, gangguan tidur/ Insomnia. Pasien beraktivitas di bantu oleh orang lain baik dalam makan, minum, berjalan, ambulasi dan imobilisasi, mandi/wc.
b)      Sirkulasi.
Riwayat hipertensi sejak tahun 2011, TD : 140/90 mmHg, N : 88x/m, CRT <3 detik.
c)      Integritas Ego.
Pasien menerima penyakit yang ia derita saat ini, dan hubungan dengan keluarga berjalan dengan baik.
d)     Eliminasi.
Pasien mengalami poliuri dengan frekwensi 14-16 x/hari, pasien juga mengalami konstipasi dimana pasien terakhir kali BAB pada tanggal 13 juli 2014.
e)      Makanan/cairan.
Penurunan nafsu makan, mual/muntah, rasa metalik tak sedap pada mulut (Pernapasan ammonia). Pasien makan 3x/hari dengan menu Diit Protein(0,6 gr /kg/bb/hari) dan Diit kalori (30ml/kg/bb/hari), makanan tidak dihabiskan (1/2 piring dihabiskan).


f)       Neurosensori.
Kesadaran pasien compos mentis, konsentrasi baik, tidak ada penurunan fungsi saraf.
g)      Nyeri/kenyamanan.
pasien tidak merasakan nyeri ulu hati dan nyeri kepala. Pasien merasa aman selama berada di rumah sakit.
h)      Pernapasan.
Pernapasan pasien 20x/m tidak ada ronkhi dan wheezing, batuk tidak ada.
i)        Integumen
Turgor kulit pasien jelek dan wajah tampak pucat.
j)        Seksualitas.
Pasien pada saat ini sudah tak dapat lagi melakukan aktivitas seks karena dalam keadaan sakit.
k)      Interaksi sosial.
[asien sudah tak dapat lagi beraktivitas seperti biasa karena dalam keadaan sakit, pasien tidak dapat lagi  melakukan peran sebagai Ibu Rumah Tangga karena sakit.
l)        Pembelajaran/penyuluhan.
Pasien memiliki riwayat DM, salah satu penyebab GGK adalah DM, pasien juga harus diberikan pendidikan tentang diit Protein dan Kalori.
4.   Pemeriksaan Fisik
a. KU              : sedang
   Kesadaran    : Compos Mentis
TTV              : TD :140/90 mmHg           R        : 20x/mnt
                       N    : 88x/mnt                   S        : 36,8°C
BB SMRS : 67kg                                    BB saat di kaji : 64kg
b. Sistem Integumen
     Pucat (+), kulit kering, turgor lambat
c. Kepala
   Warna rambut hitam, penyebaran merata, rambut oval & kering
d. Mata
              Penglihatan normal, konjungtiva anenis (+), sklera interik (-) edema palpera (+)
e. Telinga
              Secret (+), pendengaran baik
f. Hidung
    Secret (+), penciuman baik
g. Mulut & Faring
    Keadaan  mulut kering (+), bau mulut (+), bibir kering dan pecah-pecah (+), stomatitis (-)
h. Ekstremitas Atas              : Pada tangan bagian kiri terpasang IVFD  NaCl 0,9 %

    Ekstremitas Bawah          : Normal, edema (-)

i. Abdomen
   Benjolan (-), pembesaran hepar (-), bu (+) normal

5.   Pemeriksaan Penunjang
1)      Hasil Pemeriksaan Kimia Klinik 14 Juli 2014
No.
Parameter
Hasil
Satuan
Nilai Rujukan

1.
2.
3.
4.
5.

6.
7.
8.
9.
10.
11
Hematologi
Leukosit
Eritrosit
Hemoglobin
Hematokrit
Trombosit
Kimia klinik
GDS
Natrium Darah
Kalium Darah
Chlorida Darah
Kreatinin Darah
Ureum Darah

11.500
3,60
10,9
29,7
391

235
129
3,74
94
2,9
53

/mm^3
10^6/mm^3
g/dL
%
10^3/mm^3

mg/dL
meg/dL
meg/dL
meg/dL
mg/dl
mg/dl

4000-10.000
4,25-5,40
12,0-16,0
37,0-47,0
150-450

70-125
135-152
3,5-4,5
98-109
0,6-1,1
20-40

2)      Hasil Pemeriksaan Urinalisis
No.
Parameter
Hasil
Satuan
Nilai Rujukan
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
Epitel
Silinder
Eritrosit
Leukosit
Berat jenis
pH
Leukosit
Nitrit
Protein
Glukosa
Keton
Urobilinogen
Bilirubin
Darah/Eri
5-6
-
0-1
2-3
1,005
7
++
-
+++
+
+
Normal
-
-
/1 pk
/1pk
/lpb
/1pb
M3

0-1
-
0-1
1-5
1,010-1030
5-8
+
-
-
Normal
-
0,1-1
Normal
-

3. Terapi obat-obatan
a.       Ranitidin 2 x 1 amp IV
b.      Merocloporanide 3x1 amp IV
c.       Amlodipine 10 mg 1-0-0
d.      Asquidone 2x30 mg
e.       Ciprofloxacin 1x400 mg IV
f.       Simvastatin 10 mg 0-0-1
g.      Captopril 3x25 mg
h.      Kapsul garam 3x1
i.        IVFD NaCl 0,9 à20 gtt/ menit



















ANALISA DATA
No
Data
Etiologi
Problem
1.




























DS : Pasien mengatakan adanya bengkak di kelopak mata, bibir kering dan pecah-pecah.

DO :
-adanya edema palpebra
-bibir kering, pecah-pecah dan bau amoniak
-turgor kulit jelek
-kadar kreatinin 2,9
Mg/dl
-kadar Ureum Darah 53 mg/dl
Nefron yang terserang hancur

                   GFR    ¯                          
(BUN & kreatinin )   
 


 Retensi natrium
 


 Total CES
 


Vol Interstisial
 

                    Edema
 


                    Preload

            Hipertrofi Ventrikel Kiri

                        COP ¯

            Aliran Darah Ginjal ¯

            Retensi Na & H2O

         Kelebihan Volume Cairan
Kelebihan Volume Cairan















2.
DS : Pasien mengatakan badan lelah dan  lemah, malaise.

DO :- Pasien beraktivitas di bantu oleh orang lain baik dalam makan, minum, berjalan, ambulasi dan imobilisasi, mandi/wc.
-HB 10,9 g/dl

Nefron yang terserang hancur

GFR ¯

Ketidakseimbangan dlm glomerulus & tubulus
 


¯Eritropoetin




 Hb¯

suplai O2 ¯

anemia

Pucat, Fatigue malaise
 


             Intoleransi Aktivitas
Intoleransi Aktivitas
3
DS : pasien mengatakan tidak ada nafsu makan karena mual, pasien juga mengatakan mengalami penurunan BB ± 3kg
Do :
1.      Selera makan pasien menurun, makan 3x1 diit protein dan kalori (1/2 piring dihabiskan)
Nefron yang terserang hancur

                   GFR    ¯                          
(BUN & kreatinin )   
 


     Sekresi protein terganggu

         Sindrom uremia

Gangguan keseimbangan asam-basa

Produksi asam lambung meningkat
 

                Nausea, Vomitus

Gangguan Nutrisi Kurang Dari Kebutuhan Tubuh
Gangguan Nutrisi Kurang Dari Kebutuhan Tubuh

Klasifikasi Data

DS :
1.      Pasien mengatakan adanya bengkak di kelopak mata, bibir kering dan pecah-pecah.
2.      Pasien mengatakan badan lelah dan  lemah, malaise.
3.      Pasien mengatakan tidak ada nafsu makan karena mual dan berat badan menurun 3 kg.

DO :
1.      adanya edema palpebra, bibir kering, pecah-pecah dan bau amoniak, turgor kulit jelek, kadar kreatinin 2,9Mg/dl dan kadar Ureum Darah 53 mg/dl.
2.      Pasien beraktivitas di bantu oleh orang lain baik dalam makan, minum, berjalan, ambulasi dan imobilisasi, mandi/wc, HB 10,9 g/dl.
3.      Selera makan pasien menurun, makan 3x1 diit protein dan kalori (1/2 piring dihabiskan)

No
Diagnosa Keperawatan
Tujuan
Intervensi
Implementasi
Evaluasi
1
a.       Gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit berhubungan dengan penurunan glomerulo filtration rate.
DS : Pasien mengatakan adanya bengkak di kelopak mata, bibir kering dan pecah-pecah.
DO :
-adanya edema palpebra
-bibir kering, pecah-pecah dan bau amoniak
-turgor kulit jelek
-kadar kreatinin 2,9
Mg/dl
-kadar Ureum Darah 53 mg/dl

Keseimbangan cairan dan elektrolit
1.      Rasio intake dan output pada batas normal
2.      Berat badan normal
3.      Tekanan darah dalam batas ketentuan (140/90 mmHg) dan elektrolit K, Ca, Mg, Fosfat, Na pada batas normal.
4.      Tidak ada edema
5.      Membran mukosa baik, bibir lembab dan turgor kulit baik.

1.   Kaji adanya edema dengan distensi vena jugularis, dispnea, tachikardi, peningkatan tekanan darah crakles pada auskultasi.
R :Merupakan tanda-tanda lethargi cairan yang menambah kerja dari jantung dan menuju edema pulmoner dan gagal jantung.
2.  Kaji kelemahan otot tidak adanya reflek tendon dalam, kram abdomen dengan diare, tidak teraturnya nadi, membran mukosa dan turgor kulit..
R :Tanda-tanda hipernatremia dihasilkan dari tanda fungsi tubular ginjal.
3.      Kaji kelemahan, kelelahan, penurunan reflek tendon
R :Tanda-tanda hipertermia dihasilkan dari ketidakmampuan nefron untuk memfiltrasi keluar Na.
diperlukan aibsorps Ca dari intestinum.
4.      Monitor tanda-tanda vital, kreatinin .
R :Tanda-tanda peningkatan elektrolit
5.    Kolaborasi pemberian obat diuretik, HCT
R :Bekerja sebagai obat diuresis (untuk mengeluarkan kelebihan cairan dalam tubuh)








Tgl. 14 Juli 2014
Jam : 11.00
1.      Mengkaji adanya edema palpebra, dispnea (-), TD : 140/90 mmhg nausea (-)  muntah (-).
Jam 11.00
2.      Mengkaji kelemahan otot (-)  tidak adanya reflek tendon dalam (-) kram abdomen (-) N : 88x/m, membran mukosa/bibir kering, pecah- pecah dan bau amoniak dturgor kulit : jelek..
Jam 11.00
3.      Mengkaji kelemahan (+) kelelahan (+) penurunan reflek tendon ?(-).
Jam 11.30
4.      Memonitor TTV TD : 140/90mmhg, N : 88x/m, R : 20x/m, SB : 36,8 °c, Kreatinin : 29 mg/dl, Ureum Darah 53 mg/dl, K : 3,74, Na : 129, Cl : 94.
Jam 12.00
5.      Berkolaborasi pemberian obat diuretik, HCT
a.       Ranitidin 2 x 1 amp IV
b.      Merocloporanide 3x1 amp IV
c.       Amlodipine 10 mg 1-0-0
d.      Asquidone 2x30 mg
e.       Ciprofloxacin 1x400 mg IV
f.       Simvastatin 10 mg 0-0-1
g.      Captopril 3x25 mg
h.      Kapsul garam 3x1
i.        IVFD NaCl 0,9 à20 gtt/ menit



S : Pasien mengatakan adanya edema pada palpebra, bibir kering, lemah dan lelah.

O : adanya edema palpebra, mukosa/bibir kering pecah-pecah dan bau amoniak, turgor kulit jelek, TD :140/90, Kreatinin : 29 mg/dl Ureum Darah 53 mg/dl.

A : Masalah BelumTeratasi

P : Lanjutkan Intervensi

2
Intoleransi aktivitas b/d produksi    eritrosit menurun ditandai dengan :
DS : Pasien mengatakan badan lelah dan  lemah, malaise.

DO :- Pasien beraktivitas di bantu oleh orang lain baik dalam makan, minum, berjalan, ambulasi dan imobilisasi, mandi/wc.
-HB 10,9 g/dl
-Eritrosit 3,60 106mm3
-Hematokrit : 29,7 %



Setelah dilakukan intervensi keperawatan selama 2x24 jam diharapkan Kebutuhan aktivitas sehari-hari dapat terpenuhi.
KH :
1.      Kontinuitas partisipasi ADL
2.      Mengemukakan kemampuan untuk memelihara tingkat energy
3.      Hilangnya komplikasi.
1.      Kaji tingkat aktivitas dan toleransi, pola aktivitas kemampuan dalam ADL keadaan bedrest, TTV.
R : Merupakan data dasar terhadap kemampuan beraktivitas dan untuk tindakan berikutnya.
2.      Kaji kelemahan dyspnoe, pucat dan pusing perdarahan dari gusi, luapan menstruasi berat saluran gastrointestinal.
R: Tanda dan gejala anemia dengan penurunan produksi eritropoetin yang menstimulasi produksi.

3.      Monitor jumlah darah merah, hematokrit, hemoglobin, jumlah platelet RBC kurang dari 6 juta Hct kurang dari 20% Hgb kurang dari 10 g/dl
R : Penurunan merupakan indikasi suspek anemia, kehilangan darah.

4.      Bantu klien ketika diperlukan dalam pemenuhan ADL
R: Menyimpan energi dan mengurangi tuntutan

5.      Ajari klien bagaimana untuk merencanakan pembatasan untu memodifikasi atau meningkatkan aktivitas yang disetujui pada tingkat toleransi dan tujuan realistis.
R : Izinkan untuk mengontrol pasien ketika mencapai perkembangan dan menghindari kelelahan

6.      Anjurkan pasien hindari aktivitas atau mengunakan alat (sikat gigi, pisau cukur) yang mungkin menyebabkan trauma pada jaringan: catat setiap perdarahan dari mukosa memar berlebih
R : Kecenderungan berdarah menyebabkan hilangnya darah terutama jaringan



Jam 11.00
1.      Mengkaji tingkat aktivitas dan toleransi : Pasien mengatakan badan lelah dan  lemah, malaise. , pola aktivitas kemampuan dalam ADL : makan, minum, berjalan, ke wc di bantu oleh suami. TTV: TD : 140/90, N : 88x/m, SB : 36,8°c, R : 20x/m.
Jam 11. 05
2.      Mengkaji kelemahan (+),  dyspnoe (-), pucat(+) dan pusing (-)  perdarahan dari gusi (-), luapan menstruasi berat saluran gastrointestinal (-).
Jam 12.00
3.      Memonitor jumlah darah merah : 3,60 106mm3, hematokrit : 29,7 % , hemoglobin : 10,9 g/dl.
Jam 01.00
4.      Membantu klien ketika diperlukan dalam pemenuhan ADL : membantu berpindah kamar serta membawa pasien ke wc.
5.      Mengajari pasien bagaimana untuk merencanakan pembatasan untu memodifikasi atau meningkatkan aktivitas yang disetujui pada tingkat toleransi dan tujuan realistis.
Jam 01.30
6.      Menganjurkan pasien hindari aktivitas atau mengunakan alat (sikat gigi, pisau cukur) yang mungkin menyebabkan trauma pada jaringan

S : Pasien mengatakan badan lelah dan  lemah, malaise.

O : - Pasien beraktivitas di bantu oleh orang lain baik dalam makan, minum, berjalan, ambulasi dan imobilisasi, mandi/wc.
-HB 10,9 g/dl
-Eritrosit 3,60 106mm3
-Hematokrit : 29,7 %

A : Masalah belum teratasi
P : lanjutkan Intervensi
3

























Gangguan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh b/d ¯Hb, peningkatan asam lambung di tandai dengan:
DS : Pasien mengatakan tidak ada nafsu makan karena mual
Dan berat badan menurun 3 kg.
DO :
Pola Nutrisi
Selera makan : Tdk baik/menurun
Frekuensi : 3x/hari
Menu makan : diberikan oleh ahli gizi Diit Protein dan Diit Kalori
Porsi makan : Tdk dihabiskan (1/2 piring)








Setelah dilakukan intervensi keperawatan selam 2x24 jam diharapkan Kebutuhan nutrisi pasien dapat terpenuhi
KH :
1.      Hilangnya anoreksia
2.      Hilangnya mual dan muntah
3.      Intake 2000 kalori perhari
4.      Porsi makan di habiskan
5.      ­ Berat Badan




























1. Kaji pola nutrisi pasien dan perubahan yang terjadi
    R : mengetahui pola nutrisi klien serta intake makanan
2. Timbang berat badan
    R : Mengidentifikasi intake makanan
Anoreksia

4. Berikan makanan porsi kecil tapi sering. -Pasien makan 3x/hari. Pada jam 8 pagi, jam 12 siang dan jam  jam 7 malam.

5. Anjurkan menghindari minum berkafein, juice makanan panas/berbau


6. Kolaborasi dengan ahli gizi dalam pemberian  diet dan pola makan pasien


7. kolaborasi dengan dokter dalam pemberian obat







Tgl. 14 Juli 2014
Jam : 11.00
1. Mengkaji pola nutrisi pasien
   - selera makan : Tidak baik
     Frekuensi : 3x/hari
     Menu makan : Diit Protein 0,6 gr/kg/bb/hari
    Kalori 30ml/kg/bb/hari
    Porsi : Tdk dihabiskan (1/2piringdihabiskan)
2. Menimbang BB
   -64 Kg

Jam : 12.00
4. Memberikan makanan porsi kecil tapi sering




5. Menganjurkan menghindari minum berkafein, juice makanan panas/berbau

6.  Berkolaborasi dengan dokter dlm pemberian diet dan pola makan pasien
    Protein 0,6 gr/kg/bb/hari
    Kalori 30ml/kg/bb/hari

7. berkolaborasi dengan dokter dalam pemberian obat :
j.        Ranitidin 2 x 1 amp IV
k.      Merocloporanide 3x1 amp IV
l.        Amlodipine 10 mg 1-0-0
m.    Asquidone 2x30 mg
n.      Ciprofloxacin 1x400 mg IV
o.      Simvastatin 10 mg 0-0-1
p.      Captopril 3x25 mg
q.      Kapsul garam 3x1
r.        IVFD NaCl 0,9 à20 gtt/ menit


S : Pasien mengatakan tidak ada nafsu makan dan mual

O : Pasien tidak menghabiskan porsi makan yang diberikan,  penurunan BB 3 Kg.

A : Masalah belum teratasi

P : Lanjutkan Intervensi














Tidak ada komentar:

Posting Komentar